Halaman

Kamis, 26 April 2012

Penemu Fotografi Pertama | Tokoh Dunia | Louis Jacques Mande Daguerre

    Penemu Fotografi Pertama di dunia siapa ya...? itu lah pertanyaan bagi fotografer sejati  ... Pengen tau siapa penemu dan bagaimana sejarahnya...Mari kita baca Artikel lengkap tentang Penemu Fotografi Pertana Di Dunia ...

  •    Mengapa Daguerre yang dianggap sebagai penemu fotografi.? Pertama, karena sistem kerja kameranya dapat menunjukkan hasil secara nyata. Kedua, penemuannya tersebut segera di publikasikan sehingga bisa dinikmati orang banyak, ditambah lagi sifat dermawannya yang tidak buru-buru mematenkan hasil ciptaanya. Masyarakat gempar sekaligus senang luar biasa atas penemuannya. Maklum, fotografi segera menemukan posisi serta fungsi sosial yang serba guna dan uniknya, makin hari makin melekat di hati masyarakat serta nilai kehadirannya meningkat. Pada zaman serba praktis, jasa fotografi telah merambat hingga kedunia spionase, perpustakaan, dunia pendidikan, hingga kehidupan sehari-hari.
  •    Dagueerre lahir di kota Cormeilles-en-Pancais, Pada tanggal 18 November 1789. Sebenarnya ia adalah seorang pelukis adegan yang bersifat dramatis. Pada tahun 1822 ia mencipta sebuah deorama berupa jajaran lukisan pemandangaan dalam ukuran yang besar untuk dipamerkannya. Bagian-bagian yang rinci, harus dibias dengan tepat dituntut dalam pembuatan deorama, sehingga diperlukan suatu pola kerja yang cukup rumit, berupa pembuatan sketsa dasar lebih dulu dengan bantuan kamera obscura. Kamera obscura tealh ditemukan orang delapan abad lalu, tetapi tidak memiliki film sehingga  hasilnya hanya berupa bayangan yang tidak bertahan lama.
  •    Karena sangat merasa repot bekerja dengan bantuan kamera bayang-bayang yang kabur, Dagerre bertekad membuat bayang-bayang yang lebih permanen dengan bantuan bahan yang peka cahaya. Usaha pertama ini tampaknya gagal karena tidak ada bukti percobaanya sama sekali. Namun, ia terus mencoba hingga tahun 1829 saat di mendengar bahwa Nicephore Niepce sedang berkutat dengan tantangan yang sama. Daguerre segera menyimpulkan bahwa proses yang digeluti Niepce selama beberapa tahun ini dengan mengunakan bahan sejenis aspal yang terbuat dari batuan hitam tebal. Setelah di proses rupanya hasil jaduh dari yang di dapat melebihi dari yang dibayangkan. Tetapi sayang, sebelum kerja sama mencapai hasil yang bagus Niepce wafat pada tahun 1833. Sepeningalan Niepce lah, Deguerre muali berjuang terus menerus mewujudkan cita-cita nya menemukan kamera yang benar-benar praktis dan berdaya guna.
  •    Perjuangannya tidak sia-sia. Pada tahun 1835 ia menemukan kamera yang kemudian disebut Daguerro-type. Pengambilan foto dengan metode ini hanya 15-20 menit, foto yang terekam cukup bagus, tetapi tentu saja ada kelemahannya. Penemuan awal kameranya masih terlalu berat sehingga tidak mudah untuk dibawa-bawa. Begitulah cikal bakal kamera modern yang diciptakan Dagerre. Ia wafat pada tanggal 10 Juli 1851 dirumahnya, di Bry-sur-Marne, dekat paris.


Description: Penemu Fotografi Pertama | Tokoh Dunia | Louis Jacques Mande Daguerre Rating: 3.5 Reviewer: Rumah Pak Ika ItemReviewed: Penemu Fotografi Pertama | Tokoh Dunia | Louis Jacques Mande Daguerre